Fakta Tentang Masjid Nabawi

Fakta Tentang Masjid Nabawi – Masjid adalah tempat terpenting bagi umat Islam, karena sebenarnya semua urusan Islam dibahas di masjid, baik itu urusan pemerintahan, agama, dll.Kunci kebangkitan umat Islam ada di masjid. Jika masjid bisa berkembang, maju, dan sejahtera maka kebangkitan umat Islam tidak perlu menunggu lama.

Salah satu masjid terpenting bagi umat Islam adalah masjid Nabawi. Kita tidak bisa menolak untuk melupakan bahwa masjid Nabawi adalah langkah awal Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dalam menyebarkan dakwah dan syiar Islam.

Mungkin kita tidak bisa membayangkan, jika Masjid Nabawi sekarang yang begitu besar dan megah ini dulunya merupakan bangunan yang sangat sederhana dengan panjang hanya 70 hasta dan lebar 60 hasta atau setara dengan panjang 35 meter dan lebar 30 meter. Ketika Rasulullah SAW sampai di Yathrib Nabi dan para sahabatnya, dia membangun masjid hanya dengan peralatan seadanya. Kedua ujung pintu masjid terbuat dari batu.

Dindingnya hanya batu bata yang dilapisi lumpur. Atapnya terbuat dari daun kurma. Tiang yang berasal dari batang pohon kurma dan alas atau lantai hanya tersisa pasir dan kerikil kecil.Waktu tempuh tour akan disesuaikan dengan paket Umroh Medan yang dipilih. Seiring berjalannya waktu, jumlah orang yang masuk Islam, dan jemaah masjid juga meningkat.Kemudian Nabi memperluas masjid Nabawi menjadi 20 hasta masing-masing untuk panjang dan lebarnya.

Semua biaya perluasan masjid ditanggung oleh sahabat Utsman bin Affan. Peristiwa ini terjadi setelah kembalinya Nabi dan para sahabatnya dari perang khaibar.Perluasan masjid dilanjutkan pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab, yaitu pada tahun 17 H. Umar bin Khattab menambahkan tempat yang agak tinggi yang disebut “batiha”.

Baca Juga  OPPO K9 Pro Mengudara dengan Dimensity 1200 dan 60W Fast Charging

Tempat ini dulunya adalah tempat pemberitaan, pembacaan puisi, dan hal-hal yang berkaitan dengan agama. Kemudian diperluas lagi pada era Khalifah Utsman bin Affan pada 29 Hijriyah. Ekspansi dilanjutkan lagi pada masa pemerintahan Khalid bin Abdul Malik dari Dinasti Umayyah. Kemudian pada masa Umar bin Abdul Aziz, beliau juga memerintahkan untuk memperluas masjid, dan pada kesempatan itu beliau menambahkan mihrab di dalam masjid.

Berikut adalah fakta menarik tentang Masjid Nabawi. Sebagai umat muslim, kita juga harus membantu sesama muslim di Indonesia, contohnya dengan membantu membangun masjid pedesaan untuk memudahkan warga muslim yang bertempat tinggal didaerah terpencil seperdi didesa-desa yang sulit untuk mengakses masjid di kota-kota mereka.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *