Cara Mengobati Cacingan Secara Tradisional & Alami

5 Obat Cacingan Tradisional Alami

Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh banyaknya larva cacing yang bersarang didalam tubuh, (terutama pada bagian perut). Penyebab paling utama dari cacingan adalah kesehatan dan kebersihan yang kurang terjaga,  terutama pada anak-anak yang sering bermain tanah. Anak yang mengalami cacingan biasanya ditandai dengan menurunnya kesehatan yang terlihat dengan gejala lemas dan kurang bersemangat, wajah menjadi pucat dan mudah lelah, sering mengantuk, malas untuk melakukan suatu kegiatan, sering menderita diare, serta tubuh yang bertambah kurus. Penyakit cacingan memang tidak bisa dianggap remeh, karena walaupun  terlihat tidak berbahaya seperti halnya penyakit demam berdarah ataupun muntaber akan tetapi apabila dibiarkan lambat akan menjadi tidak baik untuk kesehatan. Cacingan bisa diobati dengan banyak pilihan obat, akan tetapi untuk lebih amanya, Anda bisa menggunakan obat cacingan tradisional alami seperti dibawah ini yang sejak zaman dahulu terbukti ampuh untuk mengobati cacingan.

5 Obat Cacingan Tradisional Alami yang Ampuh

1. Daun Pepaya Untuk Cacing Kremi

Selain biji pepaya, ternyata daun pepaya juga dapat digunakan sebagai obat cacingan tradisional alami terutama untuk cacing kremi. Cara membuatnya adalah pertama-tama siapkan 1 lembar daun pepaya serta 15 gram akar pohon dari bunga melati. Cuci semua bahan sampai bersih, kemudian rebus bersama 600cc air, hingga tinggal tersisa 300 cc. Minum air rebusan tersebut selagi hangat secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

2. Putri Malu

Putri Malu merupakan tanaman obat herbal yang memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah untuk mengobati insomnia (sulit tidur), rematik, batuk berdahak, cacingan dan lain sebagainya. Sebagai obat penyakit cacingan Anda bisa menggunakan 15-30 gram putri malu, kemudian cuci hingga bersih lalu rebus kedalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah air rebusan dingin, saring dan minum pada malam hari sebelum tidur. Namun Anda harus berhati-hati dalam menggunakan akar putri malu, karena apabila digunakan dalam dosis tinggi akan bisa menyebabkan keracunan dan juga muntah-muntah. Selain itu Ibu hamil juga dilarang untuk meminun rebusan dari tanaman obat ini sebab bisa menyebabkan kematian pada janin yang yang ada di dalam kandungan.

Baca Juga  Cara Mengobati Eksim Secara Tradisional & Ampuh

3. Biji Pepaya

Bahan yang diperlukan untuk mengobati cacingan adalah 2 sendok makan biji pepaya serta Madu. Cara membuat obat alami ini adalah dengan mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu lalu tumbuk sampai halus, kemudian seduh dengan air sebanyak setengah dan tambahkan sedikit madu. Minum 2 kali sehari secara teratur.

4. Kulit Mangga

Biasanya kulit mangga jangan dibuang begitu saja, karena ternyata kulit mangga dapat dijadikan sebagai obat cacingan. Zat antelmintik yang terdapat pada kulit mangga akan dapat membantu mencegah penyakit cacingan terutama pada anak-anak, karena antelmintik sangat ampuh untuk membunuh kuman maupun bakteri jahat di dalam perut dan larva cacing yang terdapat di dalam perut. Cara membuatnya adalah dengan merebus kulit mangga kurang lebih selama 15 menit, agar zat antelmintik yang terdapat pada kulit mangga keluar. Ambil dan taruhlah air rebusan tersebut ke dalam kemudian minum.

5. Wortel

Apabila Anda ingin membasmi cacing yang ada di dalam perut, Anda juga bisa menggunakan air perasan wortel sebagai obat cacingan tradisional alami. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan wortel dengan santan kental, masing-masing sebanyak 1 cangkir, lalu beri sedikit garam dan aduk sampai rata. Ramuan ini dapat memberantas cacing, baik itu yang menyerang anak-anak ataupun orang dewasa.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *